Pasang kunci kontak Xeon di Nouvo 2002 - 2004 Sporty /lele
Peralatan yg diperlukan :
1. Obeng kembang magnet
2. Kikir besi besar / hand grinder kecil
3. Kunci L
4. Kunci sok 12
5. Tang potong
6. Tang skun ( buat pasang kabel ke skun)
Bahan :
1. Kunci kontak magnet Xeon/ new Jupiter
2. Skun laki kecil 2 pcs
3. 1 pcs Rumah skun laki isi 2
Cara pasang :
Persiapan dengan lepas leg shield depan(tameng) dan legshield dalam, lalu lepas batok
stang dan batok speedo.
Lalu lepas kunci kontak lama dr tempatnya
gunakan kunci L, ( untuk mempermudah lepas bracket tameng dgn kunci sok
12). Setelah itu lepas soket kabel kunci dan kabel tarikan untuk buka jok
dengan obeng kembang.
1. Lepas cover depan kunci kontak xeon dr rumah kunci, kemudian kikir kaki T sampai rata.
2. Besarkan lubang kunci di legshield dalam ke arah -ATAS, -Bawah dan - Samping kiri, kira2 3-5 mm
3. Coba masukan cover kunci xeon dan putar2 dan geser ke kiri hingga bisa bergerak bebas
4. Pasang kabel pembuka jok ke rumah kunci xeon lalu tes untuk buka jok
5. Pasang kunci Xeon ke tempatnya dan pasang kembali bracket tameng depan juga
6. Pasang legshield dalam (jangan dibaut dulu), kemudian pasang cover kunci Xeon.
Tips :
# Agak sedikit susah, tekan legshield kedepan dan keatas sedikit hingga
lubang baut di rumah kunci terlihat, pasang cover kunci sambil tetap
tekan legshield pasang baut pengunci+ring dengan obeng kembang bermagnet
agar memudahkan krn tdk perlu pagang baut.
7. Ganti skun asli
bawaan kunci xeon dengan skun laki kecil dan pasang di rumah skun (Soket),
sesuaikan dudukan kabel sesuai warna kabel, merah ketemu merah, coklat
ketemu coklat
8. Jadi deh setelah itu diuji coba dulu untuk kunci stang,
buka jok, dan kontak starter jangan lupa juga untuk mekanisme magnet
locknya.
SELAMAT MENCOBA, bila ada pertanyaan silahkan comment, nanti coba saya bantu
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Wiring diagram Nouvo Z
Fitur Yamaha Nouvo 2002 - 2004
Fitur Yamaha Nouvo Z 2005-2007
My Nouvo Colection #36-45
My Nouvo Collection #21-35
My Nouvo Collection #11-20
My Nouvo Collection #1-10
ORIGINALITAS YAMAHA NOUVO Z
HEMAT CARA NOUVO
Pengen berhemat, apalagi dah naik nouvo. Ada yang dapat kita lakukan untuk berhemat dalam pemeliharaan. Seperti pergantian OLI.
Pada Nouvo, oli digunakan untuk pelumasan mesin (Piston dan kruk as) dan gigi rasio. Yang kita ketahui bersama bahwa oli untuk kedua pelumasan tersebut sering kali dibedakan, karena berbeda dalam sistem cara kerja. Dan terdapat 2 jenis oli yg harus kita beli untuk itu.
Disini kita bisa berhemat yaitu dengan menggunakan 1 jenis oli saja. Yang kita gunakan adalah oli mesin dengan sae yang sesuai, dengan ukuran 1 liter. Oli tersebut kita gunakan 800ml untuk mesin, dan 100ml untuk gigi rasio dan masih menyimpan 100ml untuk penggunaan berikut.
Apakah bisa? Kita ambil logikanya saja. Pada motor bebek oli mesin digunakan juga untuk melumasi gigi rasio (yg karena berada dlm blok mesin juga). Apakah gigi rasio motor bebek berbeda dengan Nouvo, dalam hal kinerja? Tentu tidak, hanya berbeda dalam ukuran, jumlah dan cara kerja.
Oleh karena itu bisa kita gunakan dengan cara yang sama. Tapi ingat interval penggantiannya tidaklah sama. Untuk gigi rasio berlaku lebih lama sekitar setiap 2 x ganti oli mesin. Jadi beli oli yang 1 liter apabila pas saatnya yang bersamaan untuk ganti oli.
Pada Nouvo, oli digunakan untuk pelumasan mesin (Piston dan kruk as) dan gigi rasio. Yang kita ketahui bersama bahwa oli untuk kedua pelumasan tersebut sering kali dibedakan, karena berbeda dalam sistem cara kerja. Dan terdapat 2 jenis oli yg harus kita beli untuk itu.
Disini kita bisa berhemat yaitu dengan menggunakan 1 jenis oli saja. Yang kita gunakan adalah oli mesin dengan sae yang sesuai, dengan ukuran 1 liter. Oli tersebut kita gunakan 800ml untuk mesin, dan 100ml untuk gigi rasio dan masih menyimpan 100ml untuk penggunaan berikut.
Apakah bisa? Kita ambil logikanya saja. Pada motor bebek oli mesin digunakan juga untuk melumasi gigi rasio (yg karena berada dlm blok mesin juga). Apakah gigi rasio motor bebek berbeda dengan Nouvo, dalam hal kinerja? Tentu tidak, hanya berbeda dalam ukuran, jumlah dan cara kerja.
Oleh karena itu bisa kita gunakan dengan cara yang sama. Tapi ingat interval penggantiannya tidaklah sama. Untuk gigi rasio berlaku lebih lama sekitar setiap 2 x ganti oli mesin. Jadi beli oli yang 1 liter apabila pas saatnya yang bersamaan untuk ganti oli.
Tips membuat : Handle Bar Anak dan Pelindung Cover Tengah
Untuk yang sering membawa anak, bonceng di depan dan tidak mau cover tengah Nouvonya rusak karena kaki anak. Jadi Tips ini buat Sayang Anak dan Sayang Nouvo.
Caranya :
1. Beli handle bar anak dari Vespa PX di bengkel Vespa, harganya sekitar Rp. 5 Rb hingga 10Rb.
2. Beli juga karpet tengah Vespa PX juga dengan harga Rp.8Rb - 10Rb.
3. Bawa handle bar ke tukang bubut/bengkel untuk merenggangkan hingga jaraknya sama dengan jarak dudukan spion kiri dan kanan, ongkosnya cuma uang rokok ajah.
4. Besarkan lubang baut handlebar biar baut spion bisa masuk.
5. Lepas spion dan pasang kembali dengan urutan handle bar lalu spion sebagai pengikatnya.
6. Handle bar dari Vespa PX ini sudah dilapisi oleh selang plastik tapi jika mau handle bar bisa dilapisi busa seperti busa pada handle stang motorcross dulu. Asal jangan terlalu tebal karena tangan anak tidak muat memegang.
7. Buka baut cover tangah dengan obeng Plus
8. Posisikan karpet Vespa diatas cover, buat lobang baut dengan obeng plus tadi ( buat yang center biar apik)
9. Pasang karpet dengan baut cover kembali.
ANAK SENANG TIDAK PEGEL, NOUVO KITA TIDAK BARET.
Perhatian :
1. Tidak untuk anak dibawah 3 tahun (belum bisa memegang), dan anak diatas 7 tahun (pandangan pengemudi bisa terhalang)
2. TETAP pakaikan anak HELM yang pas.
Caranya :
1. Beli handle bar anak dari Vespa PX di bengkel Vespa, harganya sekitar Rp. 5 Rb hingga 10Rb.
2. Beli juga karpet tengah Vespa PX juga dengan harga Rp.8Rb - 10Rb.
3. Bawa handle bar ke tukang bubut/bengkel untuk merenggangkan hingga jaraknya sama dengan jarak dudukan spion kiri dan kanan, ongkosnya cuma uang rokok ajah.
4. Besarkan lubang baut handlebar biar baut spion bisa masuk.
5. Lepas spion dan pasang kembali dengan urutan handle bar lalu spion sebagai pengikatnya.
6. Handle bar dari Vespa PX ini sudah dilapisi oleh selang plastik tapi jika mau handle bar bisa dilapisi busa seperti busa pada handle stang motorcross dulu. Asal jangan terlalu tebal karena tangan anak tidak muat memegang.
7. Buka baut cover tangah dengan obeng Plus
8. Posisikan karpet Vespa diatas cover, buat lobang baut dengan obeng plus tadi ( buat yang center biar apik)
9. Pasang karpet dengan baut cover kembali.
ANAK SENANG TIDAK PEGEL, NOUVO KITA TIDAK BARET.
Perhatian :
1. Tidak untuk anak dibawah 3 tahun (belum bisa memegang), dan anak diatas 7 tahun (pandangan pengemudi bisa terhalang)
2. TETAP pakaikan anak HELM yang pas.
Bikin terang lampu nouvomu
Lampu utama (Headlight) Yamaha Nouvo Standarnya menggunakan 2 buah bohlam ukuran 25/25 watt merk Stanley, dalam artian untuk lampu dekat dan lampu jauh(Dim) sama besaran wattnya hanya berbeda sudut pancarnya. Sehingga total dari headlight adalah 50 Watt.
Untuk bikin terang headlight ini ada cara mudah dan plug n play, yaitu menggunakan bohlam ukuran 35/35Watt (Kalo bisa yang merek Stanley asli atau Osram) sehingga total pancaran headlight sebesar 70 Watt.
Atau :
Cara terbaru dengan merubah cara pengisian aki Nouvo menjadi Fullwave seperti motor batangan, jadi lampu mendapat arus dari aki langsung dan Nouvo standart sudah dilengkapi dengan itu tinggal merubah sedikit.
Rubahannya, ganti kiprok Nouvo dengan Kiprok/regulator milik Honda Tiger, dan merubah perkabelan menjadi :
Untuk bikin terang headlight ini ada cara mudah dan plug n play, yaitu menggunakan bohlam ukuran 35/35Watt (Kalo bisa yang merek Stanley asli atau Osram) sehingga total pancaran headlight sebesar 70 Watt.
Atau :
Cara terbaru dengan merubah cara pengisian aki Nouvo menjadi Fullwave seperti motor batangan, jadi lampu mendapat arus dari aki langsung dan Nouvo standart sudah dilengkapi dengan itu tinggal merubah sedikit.
Rubahannya, ganti kiprok Nouvo dengan Kiprok/regulator milik Honda Tiger, dan merubah perkabelan menjadi :
- Kabel Putih & Hitam dari Spul jd input ke kiprok (dua pin baris bawah kiprok).
- kabel Kuning dari spull tidak dipakai
- Kabel Kuning merah dari arah sakelar lampu di-join ke kabel coklat output kunci kontak. Jd lampu bisa di-ON bila kunci kontak ON (meski mesin tidak hidup).
Nambah kabel untuk nyambung output kunci kontak ke pin tengah kiprok Tigi sebagai monitor tegangan. - Sisanya, pin kiri-kanannya pin monitor teganan di kiprok tuk keluaran ke aki (kiri = plus Aki | merah, kanan = ground/massa Aki | hitam)
- Tarik kabel dari pin tengah Kiprok ke batok lampu, sambung ke kabel coklat di soket speedometer
- Jika perlu bisa ditambah dengan 2 relay kaki 4 untuk lampu dekat dan jauh.
- Cara pasang Relay, kaki 30 adalah untuk kabel (+) ke AKI, 86 untuk ke Kabel dari Saklar lampu (kuning atau Hijau), 85 untuk kabel Ground/massa (-) aki, 87 untuk output ke lampu, disamakan dalam 1 relay sesuai kabel dari saklar lampu Kuning-kuning, hijau-hijau
No comments:
Post a Comment